Translate

Teknik Loops Dengan FL Studio

Posted by Unknown Thursday, January 10, 2013 0 komentar
westjava27.blogspot.com
Teknik Rekam Musik Digital
Membuat Loops Dengan FL Studio
1. Jalankan FL Studio, buka proyek baru dengan mengklik [FILE] > [New]. Secara otomatis akan muncul boks Step Sequencer dengan keterangan "Pattern I". Di jendela inilah Anda dapat mengatur nada-nada memakai instrumen digital. Jika boks tidak muncul, tekan tombol [F6] di keyboard. 
Teknik Rekam Musik Digital
2. Di Step Sequencer, akan ditampilkan fungsi dasar sebuah drum. Ada Kick (Bass drum), Clap, HiHat (Cymbal), dan Snare. Buatlah ketukan atau nada selanjutnya untuk drum (loops) dengan mengklik tombol-tombol yang ada di jajaran masing-masing sampel instrumen. Secara default, "Tempo" diset di angka 140.
3. Jika sudah selesai membuat kombinasi ketukan drum tersebut, Anda bisa mendengarkan hasilnya dengan mengklik ikon [Play] di bagian atas. Pastikan tombol [PAT] atau Pattern menyala. Jika belum pas, Anda dapat mengubahnya lagi. Untuk menonaktifkan tombol ketukan, klik kanan tombol tersebut.
Teknik Rekam Musik Digital
4. Anda dapat merubah nama "Pattern I" pada Step Sequencer tersebut dengan nama lain, misalnya untuk loops drum, namai I", lalu pilih [Rename...]. Ketikan nama baru pada boks yang muncul. Tekan [Enter]. Untuk membuat pattern loops lainnya, pilih opsi [Jump to next empety...] atau tekan [F4].
5. Beri nama baru pada pattern berikutnya, yaitu "Bass". Selanjutnya, buatlah nada-nada instrumen bass. Klik kanan salah satu tombol di Step Sequencer, misalnya klik kanan pada [Snare]. Selanjutnya, pilih [Insert]. FL Studio menyediakan instrumen digital bass bernama BooBass dan TS4040 Bassline Synthesizer. Pilih salah satu. Tombol {pattern akan bertambah.
Teknik Rekam Musik Digital
6. Masukkan nada-nada untuk bass. Gunakan cara lain yaitu dengan "Piano Roll" untuk memasukkan nada-nada lewat tuts keyboard virtual. Klik kanan tombol pattern bass, lalu pilih [Piano Roll]. Sebuah jendela baru akan muncul dengan tuts keyboard di sisi kiri. Klik tuts-tuts tersebut untuk mencoba setiap nadanya.
7. Untuk membuat nada bass, klik kotak grid (baris-baris kotak di kanan tuts keyboard) sesuai dengan nada yang diinginkan. Jika sebuah nada ingin diperpanjang, klik kotak nada yang muncul lalu tarik kesamping agar lebih panjang. (Cobalah loops dengan mengklik ikon [Play].
Teknik Rekam Musik Digital
8.Jika sudah membuat nada-nada bass, Anda dapat membuat nada dari instrumen lain dengan cara yang sama, misalnya dengan instrumen piano atau synthesizer. Selanjutnya, gabungkan loops yang Anda buat dengan Step Sequencer menjadi lagu. Munculkan jendela Playlist dengan menekan [F6] atau klik [VIEW] > [Playlist].
9. Jendela Playlist dibagi 2, yaitu jendela untuk track (bagian atas) dan pattern (bagian bawah). Di jendela "Pattern", sudah muncul beberapa pattern loops yang Anda buat. Sekarang aktifkan setiap loops dengan mengklik grip bar disampingnya. Pengaktifan loops tergantung dari variasi nada dan panjang lagu yang Anda inginkan.
10. Untuk menghilangkan loops pada Playlist, klik kanan loops tersebut. Untuk melihat hasil penggabungan semua loops tersebut klik [SONG] di samping tombol play di atas, lalu klik ikon [Play]. Agar lebih variatif, sebaiknya Anda membuat loops untuk bagian lagu, seperti reffrain dan brige secara terpisah untuk masing-masing instrumen.
Pelajari juga postingan sebelumnya: Teknik Merekam Suara Musik Digital
Sumber:
- Yuliandi Kusuma/PCPlus/355/Maret/2010/h5-6
- FL Studio (http://flstudio.image-line.com)
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Teknik Loops Dengan FL Studio
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://westjava27.blogspot.com/2013/01/teknik-loops-dengan-fl-studio.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment



Sponsor Toko Online Westjava27 | Copyright of westjava27 .

Labels

Postingan Terbaru westjava27