Translate

Menjadi Konglomerat Melalui Dunia Maya

Posted by Christian Lawendatu Tuesday, February 12, 2013 0 komentar
westjava27.blogspot.com

Menjadi Konglomerat Dunia Maya

Sebelum Anda melangkah lebih jauh di dunia bisnis melalui internet, diperlukan persiapan matang (baca juga Seluk Beluk Bisnis Online). Untuk terjun berbisnis di dunia maya, tidak cukup hanya dengan bisa mengetik, bisa membuka internet. Anda dituntut untuk mempelajari bisnis ini dengan seksama. Ok, saya mencoba membahas satu persatu cara berbisnis di dunia maya.
1. Anggap Anda telah memiliki produk untuk dijual atau dipasarkan melalui internet (Anda bisa pelajari bagian ini pada postingan sebelumnya Seluk Beluk Bisnis Online.
2. Anda harus mempunyai alat-alat untuk menjalankan bisnis Anda di internet, alat-alat tersebut terdiri dari hardware (Kelengkapan PC dan asesorisnya) dan software ( Aplikasi-aplikasi untuk membuat atau mendisain produk yang akan dijual).

Perlengkapan Hardware Bisnis Online

Menjadi Konglomerat Dunia Maya

Saya tidak akan membahas lebih lanjut tentang hardware ini. Saya anggap Anda telah memilikinya, atau minimal Anda bisa menggunakan jasa warnet, teman Anda, atau tetangga Anda.
Perlengkapan Software Bisnis Online
Untuk merancang produk Anda melalui internet, tentu Anda harus mendisain sebaik mungkin jenis atau kategori produk tersebut. Ada banyak software yang gratisan untuk keperluan ini, diantaranya PHP, Blog gratisan (wordpress, blogger, dll), disain anta muka (Drupal, Joomla, dan lain-lain). Disini, saya akan membahas "Bagaimana membuka usaha bisnis online memakai Joomla.
Cara Mendisain Website Dengan JOOMLA
Pada umumnya dalam pembuatan website harus mengetahui setidaknya bahasa pemrograman web, sebut saja C++, PHP, HTML, JAVA, dan lain sebagainya. Salah satu cara mudah untuk membuat website tanpa harus menguasai bahasa-bahasa pemrograman seperti tersebut di atas Anda dapat menggunakan Joomla!
Mengapa Joomla! Dari sekian banyak software pembuat website, Joomla lebih mudah untuk diaplikasikan karena Joomla merupakan salah satu jenis aplikasi manajemen situs yang bersifat terbuka (Open Source Content Management System-OS-CMS) yang mempunyai kualitas hebat dan canggih untuk kelas CMS. Selain canggih di kelas CMS, Joomla! Juga memiliki beberapa kelebihan lain. Diantaranya:

1.  Joomla! Bersifat gratis, dapat di download di http://www.joomla.org/
2. Joomla! Memberikan kemudahan dalam mengelola website, berbagai fasilitas pengaturan di Joomla! Memudahkan seorang disainer website untuk mengolah fitur-fitur unik yang dibutuhkan dalam website yang dibuatnya.
3. Joomla! Memudahkan untuk mengganti tampilan-tampilan website. Template Joomla! Dapat kita unduh secara gratis dan dapat kita modifikasi dengan bantuan software pengolah gambar seperti Corel Draw, Photoshop, dan lainnya.
4. Joomla! Memberikan dukungan kepada pihak ke-3, ini memudahkan Anda dalam menginstal berbagai komponen dan modul yang diperlukan untuk lebih mempercantik tampilan website yang di buat.
5. Joomla! Dalam mengintal, memodifikasi, dan mendesign Joomla! Tidak diperlukan koneksi internet. Sehingga tidak memerlukan biaya koneksi internet dan proses modifikasi dilakukan secara ofline akan mempercepat proses pengolahan website dibandingkan secara online. 

Persiapan Mendisain Website Dengan Joomla 

1. Software Server Lokal, dapat menggunakan XAMPP versi (1.5.3), (1.7.7), (1.8.0), dan versi lainnya. Anda dapat mendownloadnya di: http://www.apachefriends.org/en/xampp.html.
Cara Instal Server Lokal Xampp
2. Software Source Joomla!, dapat menggunakan Joomla! Versi (1.0.15), (1.5.25), (1.5.25), (2.5.5), (2.5.6). Anda dapat mendownloadnya di: http://www.joomla.org/download.html
3. Feature Joomla! Elemen yang dibutuhkan dalam memodifikasi website, seperti module, component, dan template. Anda dapat mendownloadnya di internet.

Tahapan Instalasi Joomla 

Sebelum melakukan instalasi Joomla! Install terebih dahulu Local Server XAMPP 1.5.3. (Penulis mencontohkan menggunakan versi ini).
a. Download terlebih dahulu XAMPP 1.5.3, Setelah terdownload Anda bisa mengektraknya dan klik dua kali icon XAMPP.

b. Pilih bahasa: English/Indonesia, dan lain-lain. Kemudian klik OK.
 c. Klik Next pada halaman Setup Wizard.
d.Tentukan Lokasi instal File Xampp, misal di C:\Program Files, selanjutnya klik Install.
 e. Proses instalasi akan berjalan, tunggu sampai selesai, kemudian klik Finish
f. Proses selanjutnya, klik NO, agar XAMPP tidak masuk ke dalam proses sistem operasi kita yang akan terbebani bila XAMPP terus menerus berjalan.
 g. Di halaman berikut, bila ingin langsung menjalankan control panel XAMPP server, klik Yes.

Cara Menjalankan Server XAMPP

1. Menjalankan Server XAMPP dapat melalui menu XAMPP yang berada di desktop, lakukan double klik (klik cepat 2 kali), atau dapat juga melalui menu Start-AllPrograms-apachefriends-XAMPP-CONTROL XAMPP SERVER PANEL.
 
2. Ketika baru pertama kali mengaktifkan XAMPP, terkadang akan keluar Windows Security Alert, klik saja Unblock.
3. Pada XAMPP Control Panel Application di bagian Modulles, klik tulisan Start pada Apache dan MySql, sehingga Apache dan MySql yang pada awalnya terdefinisi Start berubah menjadi Stop.
4. Maka tampilan akan berubah seperti gambar di bawah ini, pada bagian Apache dan MySql terdapat tulisan Running, dan pada bagian Apache dan MySql, berubah dari Start menjadi Stop. Selanjutnya klik saja tanda X di pojok kanan atas. 
5. Bila Anda perhatiakan bagian layar di sebelah kanan bawah komputer Anda, akan tampak Server XAMPP sedang berjalan, bila ingin menampilkan Control Panel XAMPP, klik saja ikon XAMPP.
6. Bila Anda telah selesai dengan XAMPP, pada XAMPP Control Panel, pada bagian Apache dan MySql klik tombol Stop menjadi Star agar kedua servis tersebut tidak terus menerus berjalan dan membebani performa komputer Anda. Bila Anda ingin keluar sepenuhnya dari XAMPP, klik saja Exit.
7. Bila Anda ingin memulai atau mengaktifkan Control Panel Xampp, kembali ke langkah 1 (Cara Menjalankan Server XAMPP Control)

TAHAP-TAHAP INSTALASI JOOMLA, DILENGKAPI DENGAN CONTOH GAMBAR LENGKAP DIBAHAS TUNTAS DI POSTINGAN BERIKUTNYA (Cara Disain Toko Online Dengan Joomla, Cara Menggunakan Adsen Favicon, Cara Modifikasi Template Joomla, dilengkapi juga dengan Cara Membuat Cover BOX Usaha Anda, lihat contoh gambar dibawah).
Anda sedang menyimak sebuah artikel dengan judul: Menjadi Konglomerat Melalui Dunia Maya, artikel selanjutnya akan membahas Cara Membuat Toko Online dengan Joomla.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Menjadi Konglomerat Melalui Dunia Maya
Ditulis oleh Christian Lawendatu
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://westjava27.blogspot.com/2013/02/menjadi-konglomerat-melalui-dunia-maya.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment



Google+ Followers

Sponsor Toko Online Westjava27 | Copyright of westjava27 .

Labels

Postingan Terbaru westjava27