Translate

Mendesign Website Joomla dengan Memodifikasi Templates dan Menu

Posted by Christian Lawendatu Friday, April 19, 2013 0 komentar
westjava27.blogspot.com

Mendesign sebuah website harus direncanakan terlebih dahulu tentang materi apa yang akan kita tampilkan. Misalkan website yang bertema toko online bermaterikan tentang menjual atau menawarkan sprei dan bedcover, maka terlebih dulu kita dapat merancangnya secara manual.

Dari layout di atas, kita dapat merancang tampilan website yang akan kita buat. Pertama kali ketika Anda meninstall Joomla! Misalkan Joomla! Yang Anda instal menggunakan versi 1.0.15, maka tampilan default dari Joomla! Versi 1.0.15 adalah sebagai berikut:

Dari tampilan secara default template (rhuk_solarflare) di atas, kita akan merubahnya sesuai keinginan kita seperti pada layout rancangan secara manual.



Ganti Header Default Joomla!

1.    Buka Browser Anda, ketikkan http://localhost/rajasprei/administrator.

2.  Anda akan masuk ke administrator Joomla!, ketikkan Username dan Password Anda
3. Buka windows explore, caranya, klik kanan di Start→explore→Program Files→XAMPP→htdocs→rajasprei→templates→rhuk_solarflare→image. Di sini sebelumnya Anda harus sudah menyiapkan header gambar sesuai dengan tema website anda. Anda dapat memodifikasi gambar dengan menggunakan adobe photoshop, corel draw atau program pengolah gambar sejenisnya.
4. Buka kembali Browser Anda, ketikkan:http://localhost/rajasprei, maka jika berhasil gambar header telah berubah.
Memodifikasi Top Menu
Pada Top Menu default, item menu bagian atas (Home, Contact Us, News, Link), akan kita rubah menjadi Home, Contact Us, Katalog Sprei, About rajasprei, Forum rajasprei (Lihat gambar di bawah)

1. Dari halaman control panel, klin Menu dan pilih Top Menu
2. Di Menu  Manager (topmenu), klik New
3. Di halaman selanjutnya,  Anda lihat bagian Links dan klik pada tombol Link-Url.
4. Di Edit Menu Itm::Link-URL pada Name isikan Katalog Sprei dan pada Link isikan tanda “/”, setelah itu klik icon Save.
5. Lakukan hal yang sama untuk About rajasprei, Forum rajasprei, sehingga hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini.

6. Pada menu item gambar diatas, jika ada menu yang tidak diperlukan misalnya News, Links dapat kita Unpublish dengan cara ceklis pada kota menu News dan Link kemudian klik Unpublish. (Perhatikan pada gambar di bawah).
7. Jika berhasil, lihat perubahan pada gambar di bawah. Pada News dan Links terdapat tanda X warna merah.
8. Untuk melihat hasil tampilan Top Menu di website, buka kembali browser Anda, dan ketikkan http://localhost/rajasprei kemudian tekan enter. Jika tidak ada kesalahan, maka tampilan Top Menu pada website Anda akan menjadi seperti pada gambar di bawah ini.



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mendesign Website Joomla dengan Memodifikasi Templates dan Menu
Ditulis oleh Christian Lawendatu
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://westjava27.blogspot.com/2013/04/mendesign-website-joomla-dengan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment



Google+ Followers

Sponsor Toko Online Westjava27 | Copyright of westjava27 .

Labels