Translate

Teknik Mastering dengan T-Racks

Posted by Christian Lawendatu Thursday, January 17, 2013 0 komentar
westjava27.blogspot.com
Teknik Rekam Musik Digital
T-Racks adalah aplikasi yang lazim digunakan untuk melakukan tahap akhir dari keseluruhan produksi sebuah lagu yang biasa disebut mastering. Proses ini berguna menyeimbangkan semua komponen lagu dengan mengoreksi kesalahan mixing, memaksimalkan suara, dan memberikan sentuhan akhir agar lagu dapat dinikmati dengan baik.
T-Racks memiliki tiga fasilitas utama yaitu Equalizer,Tube compressor, dan Multiband Limiter. Jika equqlizer dirubah, maka frekuensi lagu dirubah. 
Mengatur compressor berarti mengelola dinamika volume. Mengubah Multiband Limiter berarti memaksimalkan volume sampai ke batas yang Anda tentukan.
Berikut beberapa petunjuk teknik mastering dengan T-Racks:
1. Buka file stereo hasil mixing nya. Klik "Open" dan pilih file lagu yang akan di master. Pilih preset mastering yang hendak digunakan di menu drop down di bawah menu "File" atau klik [GLOBAL]. Selanjutnya akan muncul pilihan preset mastering. Pilih yang sesuai dan pas menurut Anda, jangan lupa untuk mengatur setting audio.
Teknik Rekam Musik Digital
2. Klik [Audio] > [Hardware Setting...]. Tunggu hingga muncul boks "Hardware Settings" di layar. Pada "Output device", pilih driver yang digunakan atau pilih [Primary Sound Driver]. Klik [OK] untuk mengakhirinya.
3. Setiap unsur lagu yang ada dapat diatur menggunakan tombol-tombol yang tersedia. Putar terlebih dahulu lagu dengan ikon [Play] di bagian bawah, lalu lanjutkan dengan mengatur settings seperti yang diinginkan.
Teknik Rekam Musik Digital
4. Anda dapat juga menggunakan modul tertentu untuk mengatur lagu, seperti menghilangkan bass atau membersihkan suara. Caranya, klik [MODULE], lalu klik menu drop down di atasnya. Pilih opsi modul yang diinginkan dari pilihan yang muncul.
5. Untuk memulai proses mastering, klik tombol [PROCESS] di sudut kanan bawah. Tentukan format lagu (WAVE) hingga folder simpan file pada menu "Destination" di dalam boks "Audio Procces". Klik [Next]. Bar proses mastering akan tampil, tunggu hingga tuntas dan menghilang. Klik [End].
Jika proses mastering sudah tuntas, putarlah lagu tersebut dengan aplikasi music player yang ada di PC. Jika sudah bagus, Anda dapat mem-burning-nya menjadi CD audio.

Untuk download T-Racks versi trialnya di www.ikmultimedia.com/t-racks/features. Anda dapat mempelajari topik lainnya, diantaranya:
Teknik Instal Instrumen VST Pada FL Studio
Rekam Gitar Dan Vokal Dengan FL Studio
Teknik Merekam Suara Musik
Teknik Loops Dengan FL Studio

Sumber:
- T-Racks versi trialnya di www.ikmultimedia.com/t-racks/features.
- PCPlus/Yuliandi Kusuma/355/IX/2010.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Teknik Mastering dengan T-Racks
Ditulis oleh Christian Lawendatu
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://westjava27.blogspot.com/2013/01/teknik-mastering-dengan-t-racks.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment



Google+ Followers

Sponsor Toko Online Westjava27 | Copyright of westjava27 .

Labels

Postingan Terbaru westjava27