Translate

Cara Mengatur Global Configuration di Joomla

Posted by Unknown Tuesday, February 26, 2013 0 komentar
westjava27.blogspot.com
Halaman Control Panel Joomla


Untuk merubah tampilan website yang akan kita bangun, kita akan melakukannya di bagian administrator, di mana bagian ini berisi Control Panel yang berfungsi untuk merubah tampilan, isi, dan maksud dari website yang kita bangung.
Buka browser Anda dan ketikan pada alamat bar http://localhost/rajasprei/administrator. Masukkan username dan password Anda.


Jika login berhasil maka tampilan pada control panel seperti gambar di bawah ini:


Sebelum mengatur hal yang lain, terlebih dahulu lakukan pengaturan pada Global Configuration.


Site
pada tab menu Site di dalamnya ada pengaturan-pengaturan sebagai berikut:

a.    Site Offline: berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan halaman website. Bila Anda sudah menginstal Joomla! Secara online, sebaiknya ubah menjadi offline apabila mengedit komponen atau modul.
b.    Offline Message: Untuk memberitahu pengunjung jika website Anda sedang offline.
c.     System Error Message: Pilihan ini akan muncul jika terdapat kegagalan dalam koneksi database atau masalah yang berhubungan dengan database.
d.    Site Name: Untuk memodifikasi nama website Anda yang ditampilkan pada title bar.
e.    Show Unautorized Link: Apabila memilih “Yes”, maka website akan menampilkan seluruh konten kepada semua jenis pengunjung, baik pengunjung yang terdaftar (registered) ataupun tidak.
f.     Allow User Registration: Bila memilih “Yes”, maka kita mengijinkan pengunjung untuk melakukan registrasi pada website kita.
g.    Require Unique Email: Jika memilih “Yes”, maka pengunjung yang mendaftar tidak diperbolehkan untuk menggunakan email yang sama.
h.    Front End Log In: Jika pilih “No”, maka website akan mematikan fungsi login, walaupun modul login tetap ada/aktif.
i.      Front End User Params: Jika memilih “No”, maka fungsi parameter yang terdapat pada halaman website akan dinon-aktifkan.
j.      Debug Site: Jika memilih “Yes”, akan muncul perintah-perintah SQL pada halaman Joomla! Anda. Hal ini sangat berguna saat terjadi kesalahan atau error pada SQL database.
k.    Default WYSIWYG Editor: Pilihan editor ini digunakan saat mengisi content dengna tampilan grafis seperti pada MS Frontpage. Jika ingin editor yang menggunakan sintak, pilihlah No WYSIWYG Editor.
l.      List Length: Tidak perlu diubah
m.  Favourites Site Icon: Gambar icon yang akan muncul disamping alamat website Anda (pada address/URL di browser Anda). Defaultnya adalah favicon.ico.
Locale

a.    Langguage: Untuk memilih bahasa yang akan kita pakai, dengan terlebih dahulu menginstal bahasa tersebut.
b.    Time Offset: Untuk Indonesia, pilih UTC +07.00, Bangkok, Hanoi, Jakarta.
c.     Server Offset: Biarkan saja.
d.    Country Locale: Untuk Indonesia, ubah menjadi in_GB.
Content

a.    Linked Title: Pilih “Yes”, jika setiap judul content diberi hyperlink.
b.    Read More Links: Pilih “Show”, jika ingin memunculkan link read more pada konten.
c.     Item Rating/Voting: Belum ada, biarkan konfigurasi default saja.
d.    Author Names: Pilih “Show”, jika ingin menampilkan waktu pembuatan konten.
e.    Created Data and Time: Pilih “Show”, jika ingin menampilkan waktu pembuatan konten.
f.     Modified Data and Time: Pilih “Show”, jika ingin menampilkan waktu modifikasi konten yang terakhir kali.
g.    Hits: Pilih “Show”, jika ingin menampilkan jumlah kunjungan dari sebuah konten.
h.    PDF Icon: Pilih “Show”, jika ingin menampilkan icon PDF pada konten. Fungsinya untuk mengubah isi konten ke dalam bentuk PDF.
i.      Print Icon: Pilih “Show”, jika ingin menampilkan icon print. Fungsinya jika ingin mencetak isi konten.
j.      E-mail Icon: Pilih “Show”, jika ingin menampilkan Icon email. Berfungsi untuk mengirim konten kepada orang lain.
k.    Icons: Pilih “Show”, jika ingin menampilkan icon link PDF/PRINT/EMAIL.
l.      Table of Content on multi-pages items: Pilih “Show”, jika ingin menampilkan daftar isi dari sebuah konten yang memiliki lebih dari satu halaman (multiple page). Untuk membuat multiple page kita harus menyisipkan tag {mospagebreak} pada konten yang kita buat.
m.  Back Button: Pilih “Show”, jika ingin menampilkan tombol kembali atau back pada setiap konten.
n.    Content Item Navigation: Pilih “Show”, jika ingin menampilkan Next atau back pada setiap konten.
o.    Content Item Navigation: Pilih “Show”, jika ingin menampilkan Next dan Prev pada setiap konten.
Database

Di dalamnya telah terdapat konfigurasi default Joomla! Sebaiknya tidak perlu di rubah.
a.    Hostname: Nama host yang disediakan oleh webserver.
b.    MySQL Username: Nama user yang terdaftar pada database MySQL Anda.
c.     MySQL Database: Nama database untuk Joomla! Anda.
d.    MySQL Database Prefix: Nama depan untuk semua table di database Joomla! Anda, biasanya prefixnya adalah jos_namatable.
Server

Pengaturan Tetap
a.    Absolute Path: Informasi tentang letak file Joomla! Anda.
b.    Live Site: Informasi alamat website Anda.
c.     Secret Word: Kata-kata unik, yang terdapat saat instalasi Joomla! Pertama kali. Berfungsi untuk keamanan website Anda.
d.    Session Authentication Method: Menjelaskan tentang level keamanan atau security, sebaiknya Anda tidak mengubah pengaturan ini kecuali Anda yakin dan mengerti.
e.    Help Server: Lokasi file help Joomla! Anda.
Pengaturan yang dapat di ubah:
a.    GZIP Page Compression: Pilih “Yes”, jika Anda memberikan akses kepada webserver untuk mengirim file compress. Hal ini bisa dilakukan jika webserver Anda juga mendukung GZIP Page Compression. Jika tidak, pilih saja “No”.
b.    Site Session Lifetime: Joomla! Akan me-logout user jika tidak digunakan dalam waktu yang ditentukan di sini.
c.     Admin Session Lifetime: Joomla! Akan me-logout Administrator jika tidak menggunakan dalam waktu yang ditentukan di sini.
d.    Remember Expired Admin Page: Jika session Anda sudah habis, maka harus login kembali untuk masuk ke halaman administrator.
e.    Error Reporting: ada 4 pilihan, diantaranya:
*       System Default: memberikan laporan error berdasarkan default system php. Ini yang ada pada server Anda.
*       None: mematikan System Error Reporting. Untuk web yang sudah online (live) sebaiknya menggunakan pengaturan ini.
*       Simple: menggunakan System Error Reporting yang sederhana (E_ERRORIE_WARNING!IE_PARSE).
*       Maximum: menggunakan System Error Reporting yang maksimal. Error_reporting (E_ALL). Bila web bermasalah, Anda bisa menggunakan setting ini untuk mengetahui permasalahannya.
f.     File Creation: Secara Default file-file pada webserver sudah memiliki file permission. Namun, kita juga dapat mengubahnya dengan memilih pada pilihan CHMOD New files.
g.    Directory Creation: Sama dengan file creation, direktori pada Joomla! Pun memiliki hak akses. Jika ingin mengubahnya, pilih CHMOD direktori.
h.    Register Global Emulation: Pilih off, untuk keamanan.
Metadata

Metadata adalah bagian dari global configuration yang berfungsi untuk menerangkan informasii sebuah data. Metadata dapat berpengaruh pada search engine dalam mencari website kita.
a.    Global Site Meta Description: Deskripsi global tentang website Anda. Jika ingin diubah, usahakan tidak lebih dari 20 karakter, karena kebanyakan search engine hanya membaca 20 karakter pertama.
b.    Global Site Meta Keyword: Hampir sama dengan Global Site Meta Description, hanya saja berbeda pada format penulisannya. Jumlah optimal karakternya antara 300-600. Untuk grup kata diapit dengan tanda kutip, misalnya: “Sprei Super”.
c.     Show Title Meta Tag: Pilih “Yes”, untuk menampilkan judul meta tag pada saat melihat content.
d.    Show Author Meta Tag: Pilih “Yes”, untuk menampilkan pembuat meta tag pada saat melihat content.
Mail

Tab berikutnya yaitu Mail, pengaturan ini berkaitan dengan pengiriman email pada website Anda.
a.     Mailer: Pilihan jenis mailer yang akan Anda gunakan.
b.    Mail From: Menjelaskan darimana email ini berasal, isikan saja misalnya: rajasprei@yahoo.com.
c.     Sendmail Path: Menjelaskan lokasi mailserver jika Anda menggunakan mailer sendmail.
d.    SMTP Auth: Pilih “Yes”, jika Anda menggunakan mailer SMTP.
*    SMTP User: Jika SMTP Auth dalam keadaan “Yes”, ketikkan user name SMTP Anda di sini.
*    SMTP Pass: Jikkka SMTP Auth dalam keadaan “Yes”, ketikkan password SMTP Anda di sini.
*    SMTP Host: Host website Anda.
 Cache

a.    Caching: Pilih “Yes”, jika Anda menggunakan fungsi caching. Hal ini dapat meningkatkan performa website Anda.
b.    Cache Folder: Menunjukkan lokasi cache folder Anda.
c.     Cache Time: Waktu maksimum (dalam second/detik) untuk mengirimkan cache file ke server sebelum proses refresh.

Statistic

a.    Statistics: Untuk mengaktifkannya pilih “Yes”.
b.    Log Content Hits by Date: Untuk mengaktifkan fungsi log pada setiap konten (jika memilih “yes”), tetapi Anda harus menyiapkan space penyimpanan yang besar pada website Joomla! Anda.
c.     Log Search String: Untuk mengaktifkan fungsi log pada setiap pencarian yang dilakukan oleh pengunjung (jika memilih “Yes”), tetapi Anda harus menyiapkan space penyimpanan yang besar pada website Joomla! Anda.

SEO

Search Engine Optimization memiliki fungsi dalam hal pencarian website kita oleh search engine.
a.    Search Engine Friendly URLs: Berfungsi agar website Anda dikenali oleh search engine.
b.    Dynamic Page Title: Untuk mengaktifkan judul yang terdapat pada browser pengunjung website.


Baca Selengkapnya ....
Sponsor Toko Online Westjava27 | Copyright of westjava27 .

Labels

Postingan Terbaru westjava27