Translate

Surat Abraham Lincoln kepada Jenderal Hooker

Posted by Christian Lawendatu Saturday, June 7, 2014 0 komentar
Surat Abraham Lincoln kepada Jenderal Hooker

Surat ini ditulis kepada Jenderal Joseph Hooker pada tanggal 26 April, 1863, di masa paling kelam dari Perang Saudara. Selama 18 bulan, para jenderal Lincoln telah memimpin Union Army dari satu kekalahan tragis ke kekalahan lainnya.  Semua sia-sia. Negara gempar. Ribuan tentara telah meninggalkan ketentaraan, bahkan para anggota Republik dari Senat telah memberontak dan ingin mengusir Lincoln dari Gedung Putih. 

"Kita sekarang berdiri di pinggir kehancuran," ujar Lincoln. "Bagi saya tampaknya Yang Maha Kuasa pun menentang kita. Saya hampir tidak mampu melihat secercah harapan."
Lincoln menulis surat kepada Jenderal Hooker karena sang  jenderal sulit dikendalikan ketika nasib negara mungkin tergantung dari tindakan sang  jenderal.

Kesalahan sangat serius yang dilakukan sang jenderal, namun Lincoln tidak menyebutnya begitu. Lincoln lebih konservatif, lebih diplomatis. Lincoln menulis: "Ada beberapa hal di mana saya tidak cukup puas dengan Anda." Bicara mengenai kebijaksanaan! Dan diplomasi!
Inilah surat yang ditujukan kepada Jenderal Hooker:

Saya sudah menempatkan anda sebagai kepala militer Potomac. Tentu saja, saya sudah melakukan hal ini berdasarkan apa yang tampak bagi saya merupakan alasan-alasan yang memadai, namun saya pikir sebaiknya anda sendiri tahu bahwa ada beberapa hal di mana saya tidak cukup puas dengan anda.

Saya percaya anda adalah seorang tentara yang berani dan mempunyai kemampuan, yang tentu saja, saya suka. Saya juga percaya anda tidak mencampurkan politik dengan profesi anda, yang mana anda benar di sini. Anda mempunyai rasa percaya diri, kemampuan yang sangat berharga bila itu bukan kualitas yang mutlak diperlukan.

Anda ambisius, yang masih dalam batasan-batasan masuk akal, lebih memberikan manfaat dari pada merugikan. Namun saya pikir, sepanjang komando Jenderal Burnside atas militer, anda telah membicarakan ambisi anda, dan menghalangi sekuat tenaga dan ini berarti anda melakukan kesalahan besar pada negara, dan kepada sesama perwira terhormat.
Saya sudah mendengar, dengan satu cara yang bisa dipercaya, tentang pembicaraan anda baru-baru ini, bahwa baik tentara maupun pemerintah memerlukan seorang diktaktor. Tentu saja, itu bukan untuk hal ini, namun terlepas dari itu, saya sudah memberi perintah kepada anda.

Hanya jenderal-jenderal yang memperoleh sukses yang bisa menyiapkan diri sebagai para diktaktor. Apa yang sekarang saya minta dari anda adalah keberhasilan militer, dan saya akan mempertaruhkan kediktaktoran itu.
Pemerintah akan mendukung anda sekuat tenaga, yang tidak lebih atau kurang daripada yang telah dikerjakan pemerintah, dan akan dilakukan untuk semua komandan. Saya sangat khawatir bahwa semangat yang anda miliki telah merambat ke dalam militer, semangat mengkritik komandan mereka dan berkurangnya kepercayaan kepada komandan, sekarang akan beralih kepada anda. Saya akan membantu anda, semampu saya, untuk menumpasnya.

Anda, atau Napoleon, kalau dia bisa hidup lagi, tidak dapat manfaat apapun dari sebuah ketentaraan ketika semangat semacam itu berlaku di dalamnya, dan kini hati-hatilah, jangan tergesa-gesa. Hati-hati terhadap ketergesaan, namun dengan energi dan kewaspadaan tanpa tidur, majulah terus dan beri kami kemenangan. 

Ada yang bisa Anda pelajari dan petik dari surat yang dituliskan Abraham Lincoln kepada Jenderal Hooker?

Sumber: Dale Carnegie, Bagaiman Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain, Bina Rupa Aksara, 1993, Jakarta.
Gambar: wikipedia
Tulisan ini di posting juga di kompasiana.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Surat Abraham Lincoln kepada Jenderal Hooker
Ditulis oleh Christian Lawendatu
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://westjava27.blogspot.com/2014/06/surat-abraham-lincoln-kepada-jenderal.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment



Google+ Followers

Sponsor Toko Online Westjava27 | Copyright of westjava27 .

Labels

Postingan Terbaru westjava27