Translate

Kontes Konten Desain Grafis Berhadiah Ribuan Dollar US

Posted by Unknown Thursday, August 1, 2013 0 komentar

Yuk, Unjuk Gigi

di Kontes Konten Desain Grafis

Bersyukurlah orang TI yang paham tentang internet, web, jaringan atau desain grafis. Peluang untuk menggaet pekerjaan dan proyek bisa dibilang tidak sulit-sulitamat karena bidang tersebut saat ini sedang teramat populer. Kalau jeli tidak sedikit website yang menyediakan lapangan pekerjaan di bidang programming, web, serta desain (seperti logo atau cover buku).

Tapi Anda tidak mesti mengambil peran sebagai karyawan atau pekerja tetap di suatu perusahaan. Website yang menyelenggarakan kontes atau kompetisi juga bisa menjadi peluang yang sangat menjanjikan bagi kemajuan karier (dan pendapatan) Anda. Ada seorang teman penulis yang kerap mendapatkan order untuk membuat website dari perusahaan AS karena ia sering menang di kompetisi semacam itu. Hadiah yang ditawarkan juga cukup menggiurkan. Situs web99designs.com misalnya bagi pemenang kompetisi desain web page dapat mencapai US$1000.

Berikut beberapa situs web yang menawarkan kontes berhadiah:

1. Getafreelancer.com (GAF)

Beralamat di www.getafreelancer.com, website ini menyediakan banyak kontes untuk para programmer, web desainer, serta copywriter. Kategori yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari desain grafis, Linux, desain banner, visual basic, windows, hingga desain logo, jumlahnya mencapai 45 kategori. Hadiahnya juga tidak tanggung-tanggung, bisa mencapai puluhan, ratusan, bahkan ribuan dollar AS.

Meski besar hadiah yang ditawarkan, tentu makin banyak pula freelancer yang ikut serta sehingga persaingan menjadi sangat ketat. Tapi ingat, disini Anda tidak hanya bersaing dalam hal kemampuan, tapi juga berkompetisi dalam hal harga dengan kontestan lain karena Anda dapat menawarkan tarif desain yang Anda anggap paling sesuai.

2. 99designs

Bisa ditemui di http://99designs.com, website ini lebih fokus kepada kontes desain, meski kadang ada juga CH yang menginginkan suatu script program web. Kategori yang ditawarkan meliputi desain web page, stationary design, desain logo, button & icon design, desain t-shirt, desain banner, dan print design. Harga dipatok mulai US$100 sampai US$1000, tergantung si pembuat kontes. Di sini, selain menetapkan soal harga, CH dapat pula menambah/menurunkan besaran harga tersebut, memundurkan batas akhir penyelenggaraan kontes, atau mendiamkan saja kontes yang ia buat bila sampai kontes berakhir, tidak ada karya peserta yang dianggap memuaskan.

Cukup kesal memang, jika Anda sudah mengikuti sebuah kontes dengan sepenuh hati tapi pihak CH tidak mengumumkan siapa pemenangnya. Tapi ada juga kontes yang bergaransi yang artinya dijamin akan ada peserta yang keluar sebagai pemenang. Tentunya, kontes dengan garansi seperti ini menjamin pula jumlah peserta yang bejibun karena daya tariknya yang tinggi.

Berbeda dengan GAF, hasil karya kita di 99design bisa dilihat oleh kontestan lain, yang berarti tidak tertutup kemungkinan ada orang yang meniru. Tapi tak perlu khawatir, karena Anda dapat melaporkan hal ini ke pihak 99design apabila kontestan yang mencontek tersebut menolak menarik gambar Anda setelah Anda beri peringatan.

3. LogoTournament

Website khusus untuk freelance desain logo ini mirip dengan 99design. Hadiah yang ditawarkanrata-rata US$200. Di setiap kontes, pesertanya tergolong sangat banyak. Bahkan, di satu kontes, hasil karya yang masuk bisa mencapai 500.

CH di sini terbilang lebih terbuka terhadap ide para kontestan, meskipun mereka cenderung memberikan deskripsi logo yang diinginkan secara lebih spesifik dibandingkan 99designs. Kekurangannya, gambar yang ingin kita ikut sertakan harus berukuran 350 x 280px.

Di LogoTournament, ada cukup banyak orang Indonesia yang ikut unjuk gigi. Bahkan, di Top Ranked yang terakhir kali penulis lihat, posisi 2 ditempati oleh anak bangsa.

Simak juga situs lainnya:

www.designquote.net

www.designcontentst.net

www.guru.com

www.elance.com

Sumber: Moehammad Ahmad Yunus (younuzes@plasa.co)-PC Plus 334
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kontes Konten Desain Grafis Berhadiah Ribuan Dollar US
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://westjava27.blogspot.com/2013/08/kontes-konten-desain-grafis-berhadiah-ribuan-dollar-us.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment



Sponsor Toko Online Westjava27 | Copyright of westjava27 .

Labels

Postingan Terbaru westjava27