Translate

SERVER SIDE VERSUS CLIENT SIDE

Posted by Christian Lawendatu Thursday, November 10, 2011 0 komentar
Mana yang lebih baik, antara server side dengan client side? Server side dan client side tidak bersifat kompetisi, namun keduanya saling melengkapi. Keduanya membangun sebuah aplikasi dan meletakkannya secara proposional, artinya mana bagian server side mana bagian client side harus dengan cermat dalam pemilahannya.

Server side, digunakan untuk melakukan proses yang berhubungan dengan server, seperti environmental dari server atau melakukan manipulasi data pada database. Contoh penggunaan server side:
  1. Server membatasi waktu pakai pada klien, misalnya 15 menit perhari;
  2. Server memutuskan waktu timeout dari sebuah aplikasi yang tidak ada interaksinya;
  3. User melakukan permintaan informasi misalnya daftar buku-buku tertentu yang dijual di toko buku virtual. User dapat menerima daftar-daftar buku dalam bentuk format HTML, sedangkan proses pencarian dilakukan atau dikerjakan di server.

Client side digunakan untuk melakukan interaksi langsung dengan user atau pengguna. Contoh penggunaan client side:
  1. Aplikasi yang dibuat memerlukan interaksi yang banyak dengan user, misalkan permainan gime kartu, catur, dan lain-lain.
  2. Pemeriksaan event pada browser, misalkan pemeriksaan pada saat melakukan perintah klik kanan dari mouse, atau melakukan kombinasi tombol tertentu di keyboard.

Sebaiknya hindari penggunaan client side pada aplikasi web yang menggunakan banyak data dan berubah-ubah, atau penggunaan untuk keperluan verifikasi user dan password.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: SERVER SIDE VERSUS CLIENT SIDE
Ditulis oleh Christian Lawendatu
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://westjava27.blogspot.com/2011/11/server-side-versus-client-side.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment



Google+ Followers

Sponsor Toko Online Westjava27 | Copyright of westjava27 .

Labels

Postingan Terbaru westjava27