Translate

Tips Trik Mengenal IP Address

Posted by Christian Lawendatu Wednesday, December 19, 2012 0 komentar
westjava27.blogspot.com
IP Address
Sewaktu Anda menggunakan internet atau terhubung pada sebuah jaringan, tentu saja computer Anda dapat diakses oleh orang lain. Sebab, di internet, computer Anda memiliki identitas tersendiri yang kita sebut IP address. IP Address pada pemakaian internet biasanya merupakan IP dinamis, yaitu berubah-ubah setiap kali terhubung ke internet.
Format penulisan IP Address adalah A.B.C.D. masing-masing huruf tersebut terdiri atas angka 8 bit. Sehingga nilai yang mungkin adalah dari 0 sampai 255. Dengan demikian, Anda tidak akan menemukan IP address dengan angka yang lebih besar dari 255.
IP Address komputer lokal yang tidak terhubung ke internet adalah 127.0.0.1, atau disebut juga dengan nama localhost. Sedangkan apabila terhubung ke internet, akan mendapatkan lagi satu IP Address, misalnya 192.168.33.90, atau lainnya tergantung provider yang Anda gunakan.
Untuk mengetahui IP Address pada komputer Anda sendiri, Anda bisa menggunakan Command Prompt lalu ketik ipconfig (start>All Programs>Accessories>Command Prompt) atau (Start>Run>ketikan cmd>OK)
Hasil ujicoba ipconfig penulis
Hasil ujicoba ipconfig sumber

IP Address terdiri dari 2 jenis, yaitu IP Adress Public dan IP Address Private
IP Address Public merupakan IP yang digunakan pada jalur umum/public di internet. Penggunaan alamat IP Public harus melalui proses registrasi ke suatu organisasi yang menangani masalah pemakaian IP. Tujuannya supaya tidak terjadi dua host yang memiliki IP sama.  Contoh IP Public Speedy modem yang merupakan IP Public 125.126.0.1. IP Public dikenal pula dengan sebutan IP Dinamis.
IP Private adalah IP yang sering digunakan pada jaringan lokal, sehingga tidak memerlukan proses registrasi. Contoh IP Private akses di LAN modem menggunakan IP Private 192.168.1.1.
Bila kita sederhanakan pengertian ke dua IP tersebut adalah IP Private adalah IP yang digunakan untuk jaringan yang tidak terhubung ke internet, misalnya untuk LAN. Sedangkan IP Publik adalah IP yang digunakan oleh jaringan yang terhubung ke internet. Misalnya, saat komputer kita terhubung ke internet akan mendapat IP Publik dari ISP yang berupa IP dinamis dan jika diganti dengan IP Private, kita tidak akan terhubung ke internet.
Pada sebuah jaringan lokal, seperti halnya warnet, biasanya memiliki sebuah IP Public untuk terhubung ke internet. Sedangkan komunikasi antar sesama komputer dalam jaringan warnet tersebut menggunakan IP Private. Biasanya yang ingin kita ketahui adalah IP Public, sedangkan bila menggunakan perintah ipconfig, yang akan keluar adalah IP Private. Untuk mengetahui IP Public, Anda bisa membuka salah satu website berikut ini:
http://www.ip-adress.com/
http://www.find-ip-address.org/
http://www.ipaddress.com/
http://www.whatismyipaddress.com
http://www.whatsmyip.org
http://www.myip.dk
http://www.cmyip.com
http://www.myipaddress.com/
http://www.domaintools.com/research/my-ip/
Dari hasil ujicoba, situs pemeriksa IP Address yang menampilkan informasi yang cukup detail, selain menampilkan IP, juga menampilkan informasi lainnya seperti nama negara, proxy, ISP, dan sebagainya. Saya menggunakan situs pemeriksa ip http:www.domaintools.com/research/my-ip/
 
Berikut hasil ujicoba IP Address yang saya gunakan sewaktu mencoba menggunakan Telkomsel Flash.
Hasil ujicoba IP Address penulis1
Hasil ujicoba IP Address penulis2
Hasil ujicoba IP Address Sumber
  Sumber: Buku Sakti Hacker/Efvy Zam/Media kita/2011
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips Trik Mengenal IP Address
Ditulis oleh Christian Lawendatu
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://westjava27.blogspot.com/2012/10/tips-trik-mengenal-ip-address_31.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment



Google+ Followers

Sponsor Toko Online Westjava27 | Copyright of westjava27 .

Labels

Postingan Terbaru westjava27