Translate

Pesona Gunung Gede

Posted by Christian Lawendatu Thursday, July 5, 2012 0 komentar
westjava27.blogspot.com
“Janganlah meninggalkan apa pun kecuali jejak,
Jangan mengambil apa pun kecuali gambar, dan 
jangan membunuh apa pun kecuali waktu”

Tanjakan "setan"

Mimpi di Punjak gunung, "jangan meninggalkan apa pun kecuali jejak"
Rasa lelah menyusuri jalan terjal di tengah hutan dengan iringan rintik hujan dan udara dingin yang menusuk, seakan langsung terbayar oleh pesona alam puncak Gunung Gede yang memanjakan panca indra. Eksotika gunung dengan ketinggian 2.958 mdpl (meter di atas permukaan laut) sulit untuk diungkapkan dan senantiasa menjadi cerita indah yang mengisi kisah para petualang.
"Untuk mencapai lokasi Taman Nasional Gede Pangrango bisa ditempuh melalui rute Jakarta-Bogor-Cibodas dengan waktu sekitar 2,5 jam (± 100 km) menggunakan mobil, atau Bandung-Cipanas-Cibodas dengan waktu 2 jam (± 89 km), dan Bogor-Salabintana dengan waktu 2 jam (52 km)". (wikipedia.org)
Keindahan gunung yang kaya akan berbagai jenis flora dan fauna (*berbagai jenis burung 251 jenis dari 450 jenis yang terdapat di Pulau Jawa. Beberapa jenis merupakan jenis burung langka, diantaranya elang Jawa (Spizaetus bartelsi) dan celepuk jawa (Otus angelinae)*wikipedia.org).  ini bisa dirasakan para pendaki sejak awal. Sepanjang perjalanan menuju puncak, pendaki tidak akan bisa melewatkan beberapa lokasi yang menawarkan keunikan dan keindahannya yang asri seperti Telaga Biru, Air Terjun Cibeureum, air panas, Kandang Batu, Kandang Badak, dan Alun-Alun Suryakencana.
  1. "Telaga Biru: Danau kecil berukuran lima hektar (1.575 meter dpl.) terletak 1,5 km dari pintu masuk Cibodas. Danau ini selalu tampak biru diterpa sinar matahari, karena ditutupi oleh ganggang biru.
  2. Air Terjun Cibereum: Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 50 meter terletak sekitar 2,8 km dari Cibodas. Di sekitar air terjun tersebut dapat melihat sejenis lumut merah yang endemik di Jawa Barat.
  3. Air Panas: Terletak sekitar 5,3 km atau 2 jam perjalanan dari Cibodas.
  4. Kandang Batu dan Kandang Badak: Untuk kegiatan berkemah dan pengamatan tumbuhan/satwa. Berada pada ketinggian 2.220 m. dpl dengan jarak 7,8 km atau 3,5 jam perjalanan dari Cibodas.
  5. Puncak dan Kawah Gunung Gede: Panorama berupa pemandangan matahari terbenam/terbit, hamparan kota Cianjur-Sukabumi-Bogor terlihat dengan jelas, atraksi geologi yang menarik dan pengamatan tumbuhan khas sekitar kawah. Di puncak ini terdapat tiga kawah yang masih aktif dalam satu kompleks yaitu kawah Lanang, Ratu dan Wadon. Berada pada ketinggian 2.958 m. dpl dengan jarak 9,7 km atau 5 jam perjalanan dari Cibodas.
  6. Alun-Alun Surya Kencana: Dataran seluas 50 hektar yang ditutupi hamparan bunga edelweiss. Berada pada ketinggian 2.750 m. dpl dengan jarak 11,8 km atau 6 jam perjalanan dari Cibodas". (wikipedia.org)
Telaga Biru, Danau kecil berukuran lima hektar (1.575 meter dpl.) terletak 1,5 km dari pintu masuk Cibodas.

Bunga Edelwis, bunga yang abadi, biarkan bunga ini tumbuh agar tetap terjaga keseimbangan ekosistem Gunung Gede, "Jangan memetiknya, jangan mengambilnya, ambil saja gambarnya.
Dirikanlah tenda-tenda untuk beristirahat, jangan kotori alam

manusia membutuhkan makanan, begitu pun alam
Istirahat di perjalanan malam, nikmati kesunyian alam
Gunung Gede yang terakhir meletus pada tahun 1957, memiliki kondisi alam yang unik dan menjadi salah satu laboratorium alam yang menarik minat peneliti Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP *TNGGP/Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango ditetapkan oleh UNESCO*wikipedia.org) sebagai Cagar Biosfir pada tahun 1977, dan sebagai Sister Park dengan Taman Negara), yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Gunung yang menjadi salah satu favorit para pendaki ini berada di wilayah tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi di Jawa Barat, Indonesia.
*Tercatat pada tahun 1819, C.G.C. Reinwardt sebagai orang yang pertama yang mendaki Gunung Gede, kemudian disusul oleh F.W. Junghuhn (1839-1861), J.E. Teijsmann (1839), A.R. Wallace (1861), S.H. Koorders (1890), M. Treub (1891), W.M. Docters van Leeuwen (1911); dan C.G.G.J. van Steenis (1920-1952) telah membuat koleksi tumbuhan sebagai dasar penyusunan buku The Mountain Flora of Java yang diterbitkan tahun 1972.*wikipedia.org
Sejarah dan legenda yang merupakan kepercayaan masyarakat setempat yaitu tentang keberadaan Eyang Suryakencana dan Prabu Siliwangi di Gunung Gede. Masyarakat percaya bahwa roh Eyang Suryakencana dan Prabu Siliwangi akan tetap menjaga Gunung Gede agar tidak meletus. Pada saat tertentu, banyak orang yang masuk ke goa-goa sekitar Gunung Gede untuk semedhi / bertapa maupun melakukan upacara religius*wikipedia.org).
Ulah tangan jahil, peliharalah alam agar alam tidak muram dan murka. Alam merupakan "Karya Besar Sang Pencipta"
Cerita pesona keindahan Gunung Gede seakan abadi dari waktu ke waktu, meskipun keindahannya mulai banyak tercoreng tangan-tangan jahil pendaki yang melupakan arti pentingnya kelestarian alam. Gunung Gede merupakan salah satu warisan alam yang patut kita jaga dan lestarikan sampai kapan pun. Seperti petuah para petualang “Janganlah meninggalkan apa pun kecuali jejak. Jangan mengambil apa pun kecuali gambar dan jangan membunuh apa pun kecuali waktu”.
Sumber:
Foto dan Teks Krishna Ahadiyat, H.U. Pikiran Rakyat 2 Juli 2012 Hal.13
Wikipedia.org (situs resmi wikipedia.org mengenai Gunung Gede, mencatat bahwa Gunung Gede berlokasi di Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia, dengan rute termudah untuk mencapai Gunung Gede melalui daerah/desa Cibodas)

Baca juga Kisah Inspirasi lainnya: 

MENANTU“BILL GATES”

MENYELAMATKANBULAN

HIDUPADALAH KENYATAAN YANG HARUS DIJALANI

2012

TuhanMinta Pin BB nya Dong Aku Mau Cerita

KURSIGOYANG SANG PENYULAM LOTUS

PesonaGunung Gede

Inspirasidari Muhamad Ali

SEBUAHPELAJARAN DARI PAKIS DAN BAMBU

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pesona Gunung Gede
Ditulis oleh Christian Lawendatu
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://westjava27.blogspot.com/2012/07/pesona-gunung-gede.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment



Google+ Followers

Sponsor Toko Online Westjava27 | Copyright of westjava27 .

Labels

Postingan Terbaru westjava27