Translate

10 Bahasa Terbesar Dunia

Posted by Christian Lawendatu Saturday, June 9, 2012 0 komentar
westjava27.blogspot.com


Salah satu alat komunikasi yang dilakukan antara manusia dengan manusia adalah bahasa. Di muka bumi ini ada ratusan bahkan ribuan bahasa yang dipakai. Dari banyaknya bahasa yang ada, 10 bahasa diantaranya digunakan oleh banyak penutur. Antara lain:

1. Bahasa Cina
Bahasa Cina adalah dialek bahasa Tionghoa yang dituturkan disepanjang utara dan barat daya Republik Rakyat Cina. Bahasa ini menduduki peringkat penutur terbanyak dengan jumlah pengguna lebih kurang 1,3 miliar orang.

2. Bahasa Spanyol
Bahasa Spanyol adalah suatu bahasa Iberia-Roman, penutur bahasa ini diperkirakan berjumlah 450 juta orang. Mayoritas penutur bahasa Spanyol berada di Amerika Latin.

3. Bahasa Inggris
Ternyata Bahasa Inggris bukan bahasa yang terbesar digunakan, Bahasa Inggris merupakan bahasa utama di Britania Raya, Amerika Serikat, serta di berbagai negara lainnya, termasuk rumpun bahasa Jermanik Barat. Pengguna Bahasa Inggris diperkirakan berjumlah 390 juta orang.

4. Bahasa Arab
Bahasa Arab adalah suatu bahasa Semitik Tengah dan berkerabat dengan bahasa Ibrani dan bahasa Neo Aram. Bahasa Arab memiliki penutur sebanyak 340 juta orang yang sebagian besar tinggal di daerah Timur Tengah dan Afrika Utara.

5. Bahasa Hindi
Bahasa Hindi adalah bahasa resmi di India, selain bahasa Inggris. Bahasa ini juga menjadi bahasa resmi di Negara Bagian Himachal Pradesh, Delhi, Haryana, Uttar Pradesh, Chandigarh, Bihar, Madhya Pradesh, dan Rajashtan dengan total penutur 181,7 juta orang.

6.Bahasa Bengali
Bahasa Bengali adalah anak cabang dari bahasa Indo-Arya. Bahasa ini memiliki jumlah penutur sebanyak 181,3 juta orang

7. Bahasa Portugis
Bahasa Portugis adalah bahasa Roman yang banyak dituturkan di Portugal, Brazil, Angola, Mozambik, Tanjung Verde, dan salah satu negara yang pernah menjadi bagian dari Republik Indonesia, yaitu negara Timor Leste. Pengguna bahasa ini diperkirakan berjumlah 178 juta orang.

8. Bahasa Rusia
Bahasa Rusia merupakan salah satu bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bnagsa (PBB) selain Bahasa Arab, Prancis, Mandarin, Inggris, dan Spanyol. Jumlah penutur bahasa Rusia sebanyak 143,6 juta orang, secara luas penutur bahasa Rusia ada di 17 negara di dua benua.

9. Bahasa Jepang
Bahasa Jepang, selain di gunakan di Jepang, bahasa Jepang juga digunakan di Korea, Taiwan, Cina, dan Filipina. Pengguna bahasa ini mencapai 122,1 juta orang.

10. Bahasa Jerman
Bahasa Jerman mulai banyak digunakan sejak tahun 1930-an. Di luar Jerman, bahasa ini juga banyak digunakan di Amerika, Brazil, dan Argentina. Pengguna bahasa ini diperkirakan berjumlah 90.3 juta orang.

Ada yang janggal dan kontroversi dari hasil penelitian M. Paul Lewis ini. Bagaimana dengan Bahasa Indonesia, dengan jumlah penduduk 270 Juta, bagaimana mungkin dengan jumlah penduduk yang sangat besar, Bahasa Persatuan  ini bisa berada diurutan 10 terbawah, Bahasa Indonesia yang telah menjadi mata pelajaran khusus yang dipelajari di universitas-universitas di berbagai belahan dunia.  Masihkah bahasa ini menjadi bahasa yang terbesar di negaranya sendiri, masihkah Bahasa Indonesia dikuasai oleh setiap orang di Indonesia, atau mungkin suatu saat anak cucu kita memiliki bahasa nasional "Inggris"/ "Arab"/"Mandarin" dan untuk belajar Bahasa Indonesia harus mempelajarinya di kampus-kampus yang ada di Belanda, Australia, Amerika, dan Cina.....  

Sumber: 10 bahasa yang paling banyak ditutur versi M. Paul Lewis, Ethnologue: Languages of the Word, edisi ke-16 
   
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 10 Bahasa Terbesar Dunia
Ditulis oleh Christian Lawendatu
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://westjava27.blogspot.com/2012/06/10-bahasa-terbesar-dunia.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment



Google+ Followers

Sponsor Toko Online Westjava27 | Copyright of westjava27 .

Labels

Postingan Terbaru westjava27

Arsip Blog