Translate

Indonesia Negara Gagal

Posted by Unknown Thursday, June 21, 2012 0 komentar
westjava27.blogspot.com
The Fund for Peace (FFP), menempatkan Indonesia untuk tahun 2012 pada urutan ke-63 bersama Gambia, sebagai negara yang gagal sebelumnya pada tahun 2011 Indonesia berada di peringkat 64. Menurut Din Syamsudin (Muhammadiyah) ketika berada di Gedung Merdeka Bandung-Jawa Barat, mengatakan "Harus kita akui bahwa banyak masalah di tubuh bangsa ini, kalau pun kita tidak menutup mata terhadap kemajuan perbaikan yang telah dilakukan. Tetapi kita juga tidak boleh menutup mata terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di bangsa ini." 
Merujuk pada kategori yang dibuat oleh The Fund for Peace, Indonesia yang berada di peringkat ke-63 masuk dalam kategori peringatan sangat tinggi. Ini adalah kategori terendah keempat untuk negara yang memiliki indeks kegagalan negara. Untuk Negara pertama yang menduduki peringkat sebagai Negara gagal adalah Somalia. Negara paling stabil dan bagus ditempati Finlandia, Swiss dan Denmark.
Peringkat Indonesia sebagai Negara gagal, berbeda dengan Negara tetangganya, yaitu Singapura (157), Malaysia (110), Thailand (84).
Apa saja yang menyebabkan Indonesia sebagai Negara gagal?
  • Tekanan Demografis (tekanan demografis ini terjadi karena masalah degradasi lahan serta tergusurnya warga karena masalah lingkungan).
  • Ketidakpuasan kelompok terjadi karena di Indonesia bergulir banyak aksi demonstrasi serta kekerasan terhadap kelompok-kelompok minoritas.
  • Yang ketiga masalah tekanan sosial akibat melebarnya jurang antara yang kaya dan yang miskin
  • Ketidakmerataan dalam distribusi kekayaan Negara
  • Merajalelanya korupsi
  • Penguasaan negara oleh segelintir orang/pihak tertentu
Bukan tugas mudah untuk memperbaiki carut marutnya Indonesia, bukan hanya tugas pemerintah, tapi sudah menjadi bagian seluruh rakyat Indonesia untuk memperbaikinya. Yang menjadi pertanyaan, "Bagaimana cara memperbaikinya?" Dari banyak teori yang ada dan menguras pikiran, sebenarnya bangsa ini sudah diberikan dan sudah memiliki cara untuk menangkalnya, hanya cara ini "Apakah mau kembali digunakan?" dan " Upaya apa yang harus dilakukan?" gunakan dan berdayakan kembali PANCASILA.

Sumber:
http://www.tribunnews.com/2012/06/20/indonesia-negara-gagal-karena-tata-kelola-carut-marut
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/06/21/m5yox0-muhammadiyah-prihatin-indonesia-termasuk-negara-gagal
http://nasional.vivanews.com/news/read/327474-indeks-negara-gagal--posisi-indonesia-turun

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Indonesia Negara Gagal
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://westjava27.blogspot.com/2012/06/indonesia-negara-gagal.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment



Sponsor Toko Online Westjava27 | Copyright of westjava27 .

Labels

Postingan Terbaru westjava27

Arsip Blog